Jika kita ingin anak kreatif hendaknya menggunakan tahapan-tahapan berikut dalam mendidiknya;
1. Visual looking on (tatapan pada anak tanpa tekanan), contohnya: jika ia sudah diberi aturan tidak boleh mengobrol saat jam pelajaran, perhatikan ia utk beberapa saat sampai ia sadar bahwa ia dilihat dan diperhatikan shg ia merasa risih, bertanya2 dlm hati mengapa ia diperhatikan dan selanjutnya akan berhenti mengobrol. Cara ini adalah cara yg paling tinggi melatih kepekaannya, dan membuat anak berpikir kreatif.
2. Pernyataan tidak langsung (tidak langsung menegur dan tidak didepannya/ menyatakan yang kita harapkan anak akan melakukannya), contohnya: saat anak sudah diberi aturan tidak boleh manjat/naik ke atas kursi, maka kita sampaikan kalimat positif. Misal: "semuanya berdiri di lantai dan silakan duduk di kursi"
3. Pertanyaan (mempertanyakannya sesuai dengan fungsi kata tanya), contohnya: anak malas-malasan saat diminta mengerjakan sesuatu, maka kita tanyakan: "apakah sudah selesai mengerjakannya?"
4. Pernyataan langsung (menghadap/menyebutkan nama anak agar ia melakukan yang sesuai/yang diinginkan oleh pendidik), contohnya: saat ada anak yg berteriak dalam ruangan dan kita ingin ia bicara pelan, kita katakan: "Fulan, bicaranya pelan saja, ibu dengar kok. "
5. Intervensi fisik (tindakan), jika hal ini sering dilakukan maka akan membuat anak less caring/sangat tdk peka (misalnya saat dia lari-larian kita langsung mengangkatnya tanpa bicara. Atau saat dia berbuat yang belum sesuai kita suruh dia berhenti dan langsung kita yang melakukannya, jadi dia tidak dpt belajar/berpikir dulu krna dia tau nnti kalau salah orang tua/gurunya akan mengerjakannya). Tapi bagi hal2 yg emergency, harus langsung ditindak, misalnya anak lari ke jalan raya atau menggunakan benda berbahaya di depan temannya.
Pendidik harus lebih kreatif dari murid, jika suatu cara belum berhasil, coba lagi cara lain.
Oleh: Nia Nurul Syahara
Semoga bermanfaat ❣
#berpikirkreatif #creativethinking #creative #anakkreatif #bettereducation #tahapanpendisiplinan
Comments
Post a Comment