Skip to main content

Cara Mudah Menghitung Masa Subur


Perempuan itu harus pandai, terutama utk mengetahui masalah kesehatan dirinya, karena darinyalah akan lahir generasi penerus umat dan bangsa..

Terkait masalah perempuan, berhubung sudah menikah, ingin rasanya sedikit berbagi. Berharap agar menjadi amal jariyah kelak.

Perihal khusus 'kesehatan reproduksi perempuan' mgkn bagi org dinilai tabu, tapi dlm pernikahan ini hal nmr wahid yg patut utk dibahas.

Bagi pasangan yg sudah menikah pasti ingin punya keturunan dongs? Betapa bahagianya melihat anak2 yg lucu dan shalih shalihah, sbg qurrata a'yun(penyejuk pandangan) serta buah hati yg menentramkan.

Masalah utama reproduksi perempuan yg umumnya yakni kesuburan pd perempuan(istri). Namun sbnrnya kesuburan jg harus ada pd laki2(suami) ya. Ga mungkin kan kalo istri subur tapi suami tidak subur bisa punya anak? Harus dua2nya subur dan sehat wal afiyat.

Karena hakikatnya anak adalah hasil bersatunya sel telur dan sel sperma yg sehat. Sehingga kelak dia bisa berkembang menjadi manusia baru yg akan dilahirkan k dunia.

Panjang sekali jika prosesnya harus diceritakan mulai dari bagaimana bertemunya sel-sel calon orang tua itu sampai sang calon anak terbentuk.

Tp kali ini saya mau sharing ttg cara mudah menghitung kesuburan perempuan dan yg terkait dg kondisi keperempuanannya. Kalau mau browse di google sbnrnya banyak caranya yg menurut saya agak rempong alias ribet. Biar gampang di sini saya mau merekomendasi satu aplikasi penghitung masa subur (period tracker) yg saya gunakan sendiri dan hasilnya dpt diandalkan.

Gunanya antara lain menghitung masa subur, ovulasi, keadaan fertilitas(paling subur, tidak subur), catatan keluhan kita, dan lainnya.

Caranya mudah sekali tinggal download aplikasi Period tracker Flo dan isi kolom2 yg ada di sana.

Jika sudah download, yang pertama dilakukan yakni create an account(buat akun), date of birth(tanggal lahir), lifestyle setting(ttg gaya hidup), you goal(target); record period(hanya utk merekam masa haid) atau get pregnant(ingin hamil).

Lalu, yang kedua yaitu isi ttg jadwal period (haid) bulan sebelumnya. Note: kalau lupa juga tidak apa2. Jika sudah semua diisi, klik, nanti akan muncul dengan otomatis siklus masa subur yang terdiri dari jadwal haid per bulan, masa subur, masa ovulasi(pelepasan sel telur), masa tidak subur dan lain-lainnya.

Selanjutnya tinggal klik-klik saja ikon atau tulisan yang sekirannya dapat bermanfaat utk kita. Ada juga tabel parameters utk merekam jejak kondisi kesehatan seperti lifestyle, sex and sex drive, how are you, log symptoms, log vaginal discharge, other health disease, and notes.

Masa subur ini ada renggang waktunya yang langsung diprediksi oleh aplikasi jadi kita tinggal ikutin saja program hamil sesuai dengan waktunya. Setidaknya melakukan unprotected sex dua hari sekali dalam waktu subur tersebut dapat meningkatkan peluang untuk terjadinya hamil. Kondisi yg kita rasakan juga dapat membantu melihat record kesehatan kita.

Aplikasi ini tidak sempurna 100% mungkin kekurangannya bagi orang yg tidak bisa bahasa Inggris. Selebihnya bagus dan bermanfaat. Apalagi jika sudah positif hamil dapat juga diganti settingnya jadi pregnancy mode, aplikasi ini dpt membantu kita menentukan due date(perkiraan hari melahirkan) dan ada health insight(informasi utk kesehatan ibu, informasi kesehatan/ukuran janin, saran2, apa yang terjadi, dll).

Semoga bermanfaat. 😀

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan panggilan Abu, Abi, Buya, dan Abati dalam Bahasa Arab

Bagi orang tua yang baru atau akan memiliki anak, tentu perlu memikirkan panggilan apa yang akan diajarkan kepada anaknya kelak. Panggilan dari anak kepada orang tua pastinya sangat bermakna. Namun di Indonesia panggilan anak kepada orang tua tidaklah rumit dan mempunyai makna umum. Panggilan dari anaknya berarti beliau tersebut merupakan bapak atau ibu dari anak ya ng memanggil. Contohnya: Bapak - Ibu, Ayah - Ibu, Ayah - Bunda, Papa - Mama, Papi - Mami, dll. Karena di Indonesia mayoritas muslim dan Bahasa Arab sangat populer, maka tidak jarang panggilan anak kepada orang tua dibiasakan menggunakan Bahasa Arab seperti Abi - Ummi. Namun banyak penggunaannya digeneralisir menjadi umum seperti layaknya Ayah - Ibu, padahal sejatinya panggilan tersebut adalah bahasa orang yang artinya akan berbeda jika tidak dilandasi ilmu. Berikut sy berupaya memberikan keterangan sekilas tentang perbedaan panggilan anak kepada orang tua dalam Bahasa Arab. Abu اب Untuk menunjukkan penghormatan kepada

Pengalaman Bekam Sembuhkan Sakit Kepala

Bekam atau hijamah merupakan salah satu pengobatan yang dianjurkan Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam. Caranya yakni dengan menyayat atau menusukkan jarum ke kulit dan setelah itu ada cup penyedot sehingga darah kotor yang mengandung racun keluar. Beberapa waktu lalu saya dan kakak ipar melakukan bekam. Seorang akhwat yang merupakan teman pengajian kami yang menjadi terapis bekamnya. Disini saya akan menceritakan pengalaman tersebut dan bagaimana tubuh saya rasakan saat bekam. Singkat cerita saya sering sakit kepala dan lumayan sering migrain di sebelah kanan. Pengobatan secara kedokteran sudah dilakukan sampai masuk ruang radiologi untuk CT Scan dan MRI dijalani. Hasilnya alhamdulillah tidak terlalu serius. Hanya ada swelling hemishper cerebri kanan dan sinusitis. Saya teringat untuk bekam agar bisa sembuh dan memiliki kesehatan lebih baik lagi. Sedikit menyesal karena terkesan agak lambat menyadari bahwa bekam yang merupakan sunnah untuk ikhtiar sembuh dari berbagai penyakit mal

Komite Pemilihan Raya Mahasiswa(KPRM)

KPRM adalah suatu keanggotaan yang sangat penting untuk mengelola sistem demokrasi dalam hal pergantian pengurus organisasi seperti Badan Mahasiswa. Kali ini KPRM yang dimaksud yakni dalam pergantian pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ). Kedengarannya sangat simple. Hanya mengurus pemilihan ketua dan wakil ketua HMJ. Tapi tidak saat anda sudah masuk ke dalamnya. Kita sebagai anggota KPRM wajib tidak berpihak kepada calon manapun. Seperti miniatur Komisi Pemilihan Umum(KPU) yang ada dalam pemerintahan negara kita. Kita akan merasakan kebersamaan dengan mahasiswa kelas lain yang baru saja kita kenal. Harus ada chemistry antara semua anggota agar timbul keterbukaan satu sama lain dalam penilaian atas calon ketua dan wakil ketua. Bukan chemistry untuk jatuh cinta antara dua insan berlainan gender, namun lebih pada rasa kekeluargaan. Dibutuhkan kepercayaan yang seutuh-utuhnya. Sesama anggota KPRM wajib merahasiakan segala keputusan yang telah diambil sampai waktunya tiba. Kerjasama un