Skip to main content

Tips mempercantik diri untuk muslimah

"Beautify me ala nia"

Perempuan identik dg penampilan. Dan berdasarkan karakternya perempuan senang diperhatikan. Allah jg telah memberikan karunia kepada perempuan perhiasan dalam dirinya yang berbeda daripada laki-laki. Tapi sebenarnya jika perempuan itu muslimah yg shalihah, maka ia adalah sebaik-baik perhiasan dunia.

Mempercantik diri utk muslimah hrs dilakukan dr dalam dan luar agar ia mjd shalihah. Kalau mempercantik diri dari dalam berarti akhlak dan adabnya yg hrs diperbaiki tapi kalau dari luar berarti penampilan fisiknya yg hrs diperbaiki.

Kali ini sy bermaksud berbagi tips utk mempercantik diri scr fisik bagi perempuan khususnya muslimah.

1. Bercelak.
Scr umum mata adalah hal yg menarik dr perempuan yg dpt langsung terlihat. Celak/itsmid (semacam serbuk warna hitam) dpt membuat mata lebih indah dan sehat sampai2 Rasulullah mjdknnya sunnah bagi laki-laki dan perempuan. Mgkn saat ini lbh populer eyeliner yg hmpir mirip fungsinya dg celak.

2. Rajin mandi
Kebersihan tubuh ini adalah hal yg paling penting. Klo drmh sulit air, mgkn kita harus mikir2 utk sering mandi. Tp jika kondisi air memadai, no problem, mandi saja, kalau gerah dan berkeringat langsung mandi. Tdk harus pagi dan sore saja. Mandi bukan hanya sebatas membilas badan tp juga bermanfaat utk membersihkan sisa keringat dan sel kulit mati. Termasuk jg membersihkan wajah. Kita dapat menggunakan sabun wajah khusus utk wajah. Sabun badan ke seluruh tubuh dan memperhatikan daerah lipatan. Apabila kita punya dana lebih, ada baiknya menggunakan lulur.

3. Berkeramas dan menyisir rambut
Hendaklah kita berkeramas (membasahi rambut) tdk tunggu berbau busuk rambutnya. Rasulullah merupakan tauladan kita, buktinya keringatnya saja harum apalagi rambutnya. Seringlah berkeramas apalagi muslimah beraktivitas memakai hijab. Minimal keramas di sore hari. Jika pagi berkeramas hendaklah mengeringkannya lebih dulu karena jika langsung pakai hijab bisa jadi rambut akan lembab dan mudah berketombe/gatal-gatal. Menyisir rambut sampai rapi juga penting. Rasulullah sng menyisir rapi rambutnya, suatu hari sahabat prnh melihat Rasulullah dan mengandaikan Rasulullah lebih indah drpd bulan purnama krna kebiasaan beliau demikian.

4. Rajin sikat gigi
Jangankan malaikat yg tidak suka bau busuk. Manusia pun pasti tdk ada yg suka dg bau busuk dari mulut orang lain. Maka sikat gigi dg memakai pasta gigi dpt membersihkan dan mencegah bau mulut. Lagi2 Rasulullah yg mencontohkan bahwa beliau sangat suka bersiwak(tanaman berbentuk spt sikat gigi). Dengan bersiwak dan menyikat gigi, gigi akan lebih sehat dan bau mulut dpt dihindari. Jikalau sudah selesai makan usahakan untuk minum air putih dan berkumur. Setelah minum susu atau minuman berwarna jg minum air putih dan berkumur.

5. Make up (scr umum terdiri dari pelembab, bedak, lipstik, mascara eyebrow, eyeshaddow, blush on, dll)
Tidak harus bermerk mahal. Tidak harus punya semua alat make up. Tidak jg harus menor. Dan perlu diperhatikan kapan penggunaannya. Jika sudah bersuami, pakailah sesuai dg keinginan suami bukan keinginan diri sendiri. Jika masih single, pakailah scr sederhana dan usahakan tdk mencolok perhatian. Misalnya pakai pelembab wajah utk melindungi kulit dr sinar uv dan bedak tipis2 serta lipbalm.

6. Hijab
Hijab itu adalah sesuatu utk menutupi aurat. Aurat adalah batas sesuatu yg tdk boleh dilihat oleh org lain krna agama yg mengaturnya. Apabila aurat seorang perempuan dibukannya maka dia akan mendpt dosa. Jika ditutup akan mendapat pahala. Aurat perempuan adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Ada jg pendapat para ulama yg menyatakan aurat perempuan seluruh tubuhnya jadi mereka menganjurkan memakai cadar/burqa. Tidak masalah. Intinya hanya boleh menampakkan wajah/tidak, aturan selebihnya sama. Tidak boleh transparan, tidak ketat, tdk menyerupai laki2/kaum selain islam,dan tdk blh menggunakannya utk tabaruj/pamer.
Pakailah kerudung/jilbab yg menutup dada dan sederhanakanlah penampilan. Semakin sederhana, insyaAllah semakin cantik. Semakin mengikuti kaum lain atau fashion, maka niscaya Allah pasti akan memperlihatkan kekurangannya.

7. Perhiasan atau penunjang penampilan
Termasuk disini bros, tas, jam tangan,
gelang, cincin, sepatu/sandal, dll. Pd masa jahiliyah semua  perempuan berebut mengenakan perhiasan agar dilihat dan dipuji. Islam dtg dg menyuruh muslimah utk tdk melakukan hal yg sama dg perempuan pd masa jahiliyah. Maka dari itu hendaklah kita meminimalisir tindakan berlebihan memakai perhiasan. Blh menggunakan tas dan sepatu/sandal yg senada warnanya atau netral. Jadi tdk terkesan mencolok.

Demikian tips mempercantik diri utk muslimah ala nia. Semoga terinspirasi dan bermanfaat. 😀😄

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan panggilan Abu, Abi, Buya, dan Abati dalam Bahasa Arab

Bagi orang tua yang baru atau akan memiliki anak, tentu perlu memikirkan panggilan apa yang akan diajarkan kepada anaknya kelak. Panggilan dari anak kepada orang tua pastinya sangat bermakna. Namun di Indonesia panggilan anak kepada orang tua tidaklah rumit dan mempunyai makna umum. Panggilan dari anaknya berarti beliau tersebut merupakan bapak atau ibu dari anak ya ng memanggil. Contohnya: Bapak - Ibu, Ayah - Ibu, Ayah - Bunda, Papa - Mama, Papi - Mami, dll. Karena di Indonesia mayoritas muslim dan Bahasa Arab sangat populer, maka tidak jarang panggilan anak kepada orang tua dibiasakan menggunakan Bahasa Arab seperti Abi - Ummi. Namun banyak penggunaannya digeneralisir menjadi umum seperti layaknya Ayah - Ibu, padahal sejatinya panggilan tersebut adalah bahasa orang yang artinya akan berbeda jika tidak dilandasi ilmu. Berikut sy berupaya memberikan keterangan sekilas tentang perbedaan panggilan anak kepada orang tua dalam Bahasa Arab. Abu اب Untuk menunjukkan penghormatan kepada

Pengalaman Bekam Sembuhkan Sakit Kepala

Bekam atau hijamah merupakan salah satu pengobatan yang dianjurkan Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam. Caranya yakni dengan menyayat atau menusukkan jarum ke kulit dan setelah itu ada cup penyedot sehingga darah kotor yang mengandung racun keluar. Beberapa waktu lalu saya dan kakak ipar melakukan bekam. Seorang akhwat yang merupakan teman pengajian kami yang menjadi terapis bekamnya. Disini saya akan menceritakan pengalaman tersebut dan bagaimana tubuh saya rasakan saat bekam. Singkat cerita saya sering sakit kepala dan lumayan sering migrain di sebelah kanan. Pengobatan secara kedokteran sudah dilakukan sampai masuk ruang radiologi untuk CT Scan dan MRI dijalani. Hasilnya alhamdulillah tidak terlalu serius. Hanya ada swelling hemishper cerebri kanan dan sinusitis. Saya teringat untuk bekam agar bisa sembuh dan memiliki kesehatan lebih baik lagi. Sedikit menyesal karena terkesan agak lambat menyadari bahwa bekam yang merupakan sunnah untuk ikhtiar sembuh dari berbagai penyakit mal

Komite Pemilihan Raya Mahasiswa(KPRM)

KPRM adalah suatu keanggotaan yang sangat penting untuk mengelola sistem demokrasi dalam hal pergantian pengurus organisasi seperti Badan Mahasiswa. Kali ini KPRM yang dimaksud yakni dalam pergantian pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ). Kedengarannya sangat simple. Hanya mengurus pemilihan ketua dan wakil ketua HMJ. Tapi tidak saat anda sudah masuk ke dalamnya. Kita sebagai anggota KPRM wajib tidak berpihak kepada calon manapun. Seperti miniatur Komisi Pemilihan Umum(KPU) yang ada dalam pemerintahan negara kita. Kita akan merasakan kebersamaan dengan mahasiswa kelas lain yang baru saja kita kenal. Harus ada chemistry antara semua anggota agar timbul keterbukaan satu sama lain dalam penilaian atas calon ketua dan wakil ketua. Bukan chemistry untuk jatuh cinta antara dua insan berlainan gender, namun lebih pada rasa kekeluargaan. Dibutuhkan kepercayaan yang seutuh-utuhnya. Sesama anggota KPRM wajib merahasiakan segala keputusan yang telah diambil sampai waktunya tiba. Kerjasama un